Kamis, 23 Juli 2009

ISEI Usulkan Gamawan Fawzi Masuk Dalam Kabinet SBY Mendatang

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) 30 Agustus-1 Juli mendatang akan menggelar Kongres ke-XVII di Bukittinggi. Kongres tidak semata memilih pengurus baru, tapi juga akan menghasilkan rekomendasi tentang kajian ekonomi Indonesia yang akan diserahkan kepada Presiden RI terpilih periode 2009-2014.
Rekomendasi itu menurut Ketua Panitia yang juga Ketua Cabang ISEI Padang, Dr. Syafruddin Karimi dalam jumpa pers di Kantor Bank Indonesia Padang Rabu (15/7) merupakan hasil kajian dalam kongres yang bertemakan: Rekonstruksi Sistem Ekonomi untuk Mendukung Daya Saing Indonesia Pasca Krisis Ekonomi Global. Tema diangkat agar kekuatan ekonomi Indonesia semakin kokoh dengan mengedepankan demokrasi ekonomi. Tentunya dengan tetap mengacu pada regulasi atau aturan yang ada.
“Kita harapkan dengan demokrasi ekonomi, masyarakat benar-benar bisa berdaulat dengan tetap mengikuti aturan main atau regulasi yang ada. Ekonomi yang diciptakan sesuai dengan amanat konstitusi yang benar-benar peduli kepada rakyat,” sebutnya yang didampingi sejumlah pengurus ISEI Padang dan beberapa peneliti Bank Indonesia.
Secara umum, krisis keuangan global memang tidak berdampak signifikan terhadap negara ini. Karena, pertumbuhannya masih tergolong baik dibandingkan negara lain seperti Philipina, Singapura, Malaysia dan lainnya. Tapi, di berbagai provinsi terjadi trend menurun yang cukup mengkhawatirkan. Apalagi di negara ini masih terdapat banyak masyarakat miskin. “Ini memang cukup mencemaskan juga, karena masih banyak rakyat kita yang miskin. Bahkan, pelaku ekonomi masih didominasi sektor mikro yang diperkirakan jumlahnya mencapai 90 persen,” ujarnya.
Selain memberikan rekomendasi hasil kesepakatan ekonomi dalam kongres itu, tidak ditampik ISEI juga akan merekomendasikan pula nama-nama yang bisa masuk dalam kabinet presiden terpilih. Terutama untuk mengisi jabatan sektor ekonomi. “Untuk membangun kekuatan ekonomi memang diperlukan profesional,” imbuhnya.
Diperkirakan kongres akan dihadiri sekitar 1.000 orang anggota. Sejauh ini, dari 700 kamar hotel berbintang dan melati yang di-booking panitia sebanyak 400 sudah terisi. “Kalau saja, dalam satu kamar ada dua orang, artinya sudah bisa dipastikan sekitar 800 orang akan hadir,” bebernya.
Namun kepastian acara yang selama ini selalu dibuka Presiden dan ditutup Wakil Presiden belum dapat diputuskan, mengingat situasi politik saat ini. Hanya saja, sebelum pemilihan Boediono yang kini terpilih sebagai wakil presiden RI, telah direncanakan untuk menjadi keynote speaker.

Calon ketua
Sementara itu ditanya soal calon pengurus ISEI periode mendatang, sampai sejauh ini belum ada nama yang mengapung. Tapi bisa saja lanjutnya, Gamawan Fauzi yang kini Gubernur Sumbar diapungkan dalam pemilihan itu, karena dia termasuk dalam kepengurusan ISEI pusat. “Bisa saja itu, tapi ini nanti tergantung pilihan dari cabang-cabang dan panitia pusat sebagai yang berhak mengikuti pemilihan,” pungkasnya.

Tidak ada komentar: